ABSTRAK
Hasan. M. 2011. Upaya Kepala Madrasah Dalam Membentuk
Karakter Siswa di MI Ma’arif NU Nurul Islam Selokbesuki Sukodono Lumajang. Skripsi Jurusan
Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Syarifuddin Wonorejo
Lumajang. Dosen pembimbing: (1) Abdul Wadud Nafis, Lc, MEI. (2) Syamsul Hadi HM, MA.
Kata
kunci: Upaya,
Membentuk Karakter Siswa
Karakter adalah sebuah pola, baik itu pikiran,
sikap, maupun tindakan yang melekat pada diri seseorang dengan sangat kuat dan
sulit dihilangkan yang membedakan seseorang dengan yang lainya.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian
ini adalah: 1) Bagaimana upaya kepala madrasah dalam membentuk karakter siswa
di MI Ma’arif NU Nurul Islam Selokbesuki Sukodno Lumajang?; 2) faktor apa saja
yang mendukung dan menghambat dalam membentuk karakter siswa di MI Ma’arif NU
Nurul Islam Selokbesuki Sukodno Lumajang?.
Adapun tujuan penelitian
ini adalah: 1) untuk memahami upaya kepala madrasah dalam membentuk karakter
siswa di MI Ma’arif NU Nurul Islam Selokbesuki Sukodno Lumajang; 2) untuk
memahmi faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam membentuk karakter
siswa di MI Ma’arif NU Nurul Islam Selokbesuki Sukodno Lumajang.
Penelitian ini menggunakan metode
kualitatif-diskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan: wawancara mendalam,
observasi dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan teknik diskriptif
reflektif.
Adapun kesimpulan dalam
penelitian ini; 1) upaya yang dilakukan kepala madarasah dalam membentuk
karakter siswa di MI Ma’arif NU Nurul
Islam Selokbesuki Sukodno Lumajang adalah: menanamkan nilai-nilai keagamaan dan
budaya luhur, membuat tata tertib, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
dan menyenangkan, memasukkan nilai-nilai pendidikan karakter ke dalam kurikulum;
2) faktor yang mendukung dan menghambat dalam membentuk karakter siswa di MI
Ma’arif NU Nurul Islam Selokbesuki Sukodno Lumajang adalah: a. faktor pendukung: tenaga
pendidik yang profesional, sarana prasaran yang memadai, keluarga (orang tua).
b.Faktor penghambat: sikap keras hati dan keras kepala peserta didik,
lingkungan luar madrasah yang tidak kondusif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar