SELAMAT DATANG DI BLOGGER FATHUR TAUFIK S.Pd.I SEMOGA BLOGGER INI BISA BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN SENASIB SEPERJUANGAN

Senin, 10 September 2012

Skripsi Peran Organisasi Remaja Musholla (REMUSH) dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang,

ABSTRAK

Ruwaidah, Isnail, 2011: Peran Organisasi Remaja Musholla (REMUSH) dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa di  R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang, Tahun Pelajaran 2010/2011. Dosen Pembimbing: (I) Abd. Wadud Nafis, Lc., M. E. I. (II) Syamsul Hadi HM, M. A.

Kata Kunci: Peran Organisasi REMUSH, pemahaman keagamaan siswa

  Melalui REMUSH, siswa dapat mengembangkan potensi dirinya serta dapat menambah pengetahuan, pengalaman dan dapat meningkatkan pemahaman keagamaan dalam jiwa siswa. Organisasi Remaja Musholla ini memiliki peran strategis dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Dalam REMUSH siswa dibina, dididik dalam berbagai macam aktivitas keagamaan.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana peran organisasi remaja musholla dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang, Tahun Pelajaran 2010/2011?; 2) bagaimana gambaran pemahaman keagamaan siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk memahami peran organisasi remaja musholla dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang, Tahun Pelajaran 2010/2011; 2) untuk memahami pemahaman keagamaan siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya digunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data menggunakan analisa induktif dan analisa deskriptif. Keabsahan data menggunakan triangulasi, diskusi teman sejawat.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini: 1) peran organisasi REMUSH meliputi: a) Membina dan mengkader, b) Menjalin ukhuwah Islamiyah, c) Menunjang mata pelajaran pendidikan agama di R-SMA-BI SMAN 2 Lumajang, d)  Mempermudah penyampaian informasi tentang Islam, e) Menjadikan R-SMA-BI SMAN 2 Lumajang sebagai komunitas Islam, f) Menjadikan Musholla sebagai rumah kedua bagi warga  R-SMA-BI SMAN 2 Lumajang. 2) tingkat pemahaman keagamaan siswa yang tergabung di REMUSH meliputi tiga aspek yaitu: a) masalah aqidah( keimanan); b) masalah ibadah; c) masalah akhlak.

Tidak ada komentar: