ABSTRAK
Ruwaidah,
Isnail, 2011: Peran Organisasi Remaja Musholla (REMUSH) dalam
Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang, Tahun Pelajaran 2010/2011. Dosen
Pembimbing: (I) Abd. Wadud Nafis, Lc., M. E. I. (II) Syamsul Hadi HM, M. A.
Kata Kunci: Peran Organisasi REMUSH, pemahaman keagamaan siswa
Melalui REMUSH, siswa dapat mengembangkan potensi dirinya serta dapat
menambah pengetahuan, pengalaman dan dapat meningkatkan pemahaman keagamaan
dalam jiwa siswa. Organisasi Remaja Musholla ini memiliki peran strategis dalam
meningkatkan pemahaman keagamaan siswa. Dalam REMUSH siswa dibina, dididik
dalam berbagai macam aktivitas keagamaan.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana
peran organisasi remaja musholla dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di
R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang, Tahun
Pelajaran 2010/2011?; 2) bagaimana gambaran pemahaman keagamaan siswa di
R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang Tahun
Pelajaran 2010/2011?
Adapun tujuan
penelitian ini adalah: 1) untuk memahami peran organisasi remaja musholla dalam
meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang, Tahun Pelajaran 2010/2011; 2) untuk
memahami pemahaman keagamaan siswa di R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2010/2011.
Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan
datanya digunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Analisa data
menggunakan analisa induktif dan analisa deskriptif. Keabsahan data menggunakan
triangulasi, diskusi teman sejawat.
Adapun
kesimpulan dari penelitian ini: 1) peran organisasi REMUSH meliputi: a) Membina dan mengkader, b) Menjalin ukhuwah
Islamiyah, c) Menunjang mata pelajaran pendidikan agama di R-SMA-BI SMAN 2
Lumajang, d) Mempermudah penyampaian
informasi tentang Islam, e) Menjadikan R-SMA-BI SMAN 2 Lumajang sebagai
komunitas Islam, f) Menjadikan Musholla sebagai rumah kedua bagi
warga R-SMA-BI SMAN 2 Lumajang. 2) tingkat pemahaman keagamaan siswa
yang tergabung di REMUSH meliputi tiga aspek yaitu: a) masalah aqidah(
keimanan); b) masalah ibadah; c) masalah akhlak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar