SELAMAT DATANG DI BLOGGER FATHUR TAUFIK S.Pd.I SEMOGA BLOGGER INI BISA BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN SENASIB SEPERJUANGAN

Senin, 10 September 2012

Skripsi Pengembangan Kurikulum Pendidikan Diniyah Taklimiyah

ABSTRAK

Nawawi. 2012: Pengembangan Kurikulum Pendidikan Diniyah Taklimiyah, Skripsi,  Jurusan Tarbiyah, Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Dosen Pembimbing: (I)  Dr. Muniron, M.Ag (II) Hasanudin, M.Pd.I

Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Pendidikan  Diniyah Takmiliyah.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan pendidikan keagamaan menjadi babak baru bagi Pendidikan  Diniyah. Pendidikan  Diniyah Takmiliyah yang memiliki tiga jenjang yaitu Awaliyah, Wustha, dan Ulya sudah termasuk bagian terpadu dari Sistem Pendidikan Nasional untuk memenuhi hasrat masyarakat tentang pendidikan agama. Akan tetapi secara internal pendidikan diniyah dituntut untuk menunjukan pada  seluruh komponen bangsa bahwa stigma yang selama ini melekat sebagai lembaga yang selalu tertinggal, ortodoks, tidak teratur, dan stigma minor lainnya tidak benar secara keseluruhan, walaupun tidak bisa ditamampik bahwa beberapa persoalan internal pendidikan diniyah memang masih perlu dilakukan  inovasi dan pengembangan utamanya di sektor kurikulum agar memenuhi harapan bersama
Fokus  masalah yag dikaji dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimana  pendekatan pengembangan     kurikulum   pada Pendidikan Diniyah Takmiliyah? 2) Bagaimana  model  pengembangan     kurikulum   pada Pendidikan Diniyah Takmiliyah?
Tujuan  yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua yakni 1) Mendiskripsikan pendekatan pengembangan kurikulum Pendidikan  Diniyah Takmiliyah. 2) Mendiskripsikan Model  Pengembangan Kurikulum Pendidikan  Diniyah Takmiliyah.
Penelitian ini  adalah menggunakan jenis Kualitatif  Applied research dengan  metode analisa Kualitatif diskriptif dengan obyek penelitian pustaka atau  library research. dengan menempatkan peneliti sendiri sebagai subyek penelitian.
Adapun kesimpulanya pendekatan pengembangan kurikulum pendidikan diniyah taklimiyah menggunakan dua pedekatan yaitu pedekatan  Berbasis Sistem Rekonstruksionalisme Konservatif,  dan, pendekatan PPP (Pendekatan pengembangan Pembelajaran,  sedangkan model pengembangan menggunakan model PPSI dan  Model Bela H Banaty.

Tidak ada komentar: