ABSTRAK
Ulum, Bahrul. 2012. Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an
dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum
Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Jurusan
Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Syarifuddin Wonorejo
Lumajang. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Muniron M. Ag. (II) Hasanudin, M. Pd. I.
Kata kunci: Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an,
Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist.
Sekolah
sebagai pendidikan formal, kelahiran dan pertumbuhannya dari dan untuk
masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist,
bertujuan untuk menbimbing siswa agar mereka menjadi orang muslim sejati,
beriman teguh, beramal sholeh, dan berahlak mulia serta berguna bagi
masyarakat, negara, dan agama. Dalam konteks ini, Urgensi Kemampuan Siswa
Membaca Al_Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS
Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012
Adapun fokus penelitian
dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an di
MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012? 2)
Apakah Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dapat Meningkatkan Prestasi
Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang
Tahun Pelajaran 2011/2012?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk
mengetahui Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dalam
di MTS Mifatahul Ulum PandanwangiTempeh Lumajang Tahun
Pelajaran 2011/2012. 2) Untuk mengetahui Urgensi
Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an Apakah dapat
Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran
2011/2012.
Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan study kasus. Tehnik
pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun
analisis datanya menggunakan: analisis deskriptif.
Dari hasil pengelolaan data, dapat disimpulkan
bahwa, 1) Bagaimana Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an di MTS Mifatahul Ulum
Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Siswa yang memiliki
kemampuan membaca al-Qur’an itu rata–rata dari kalangan pondok pesantren dan
nilai agamanya juga bagus. 2) Apakah Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dapat
Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum
Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bahwasannya Urgensitas
kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an sangat penting terutama dalam rangka
meningkatkan prestasi belajar al-qur’an hadist. Biasanya kalau anak itu pintar
dan lancar baca al-Qur’an, kebanyakan anak itu minatnya tinggi. Sehingga
pengaruhnya ke nilai mata pelajaran al-qur’an hadist .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar