SELAMAT DATANG DI BLOGGER FATHUR TAUFIK S.Pd.I SEMOGA BLOGGER INI BISA BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN SENASIB SEPERJUANGAN

Senin, 10 September 2012

Skripsi Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012.

ABSTRAK
Ulum, Bahrul. 2012. Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Dosen Pembimbing: (I) Dr. Muniron M. Ag. (II) Hasanudin, M. Pd. I.
                                                       
Kata kunci: Kemampuan Siswa Membaca Al-Qur’an, Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist.

Sekolah sebagai pendidikan formal, kelahiran dan pertumbuhannya dari dan untuk masyarakat. Oleh karena itu, dalam proses pembelajaran Al-Qur’an Hadist, bertujuan untuk menbimbing siswa agar mereka menjadi orang muslim sejati, beriman teguh, beramal sholeh, dan berahlak mulia serta berguna bagi masyarakat, negara, dan agama. Dalam konteks ini, Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012
Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012? 2) Apakah Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012?
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dalam di MTS Mifatahul Ulum PandanwangiTempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. 2) Untuk mengetahui Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an Apakah dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pendekatan study kasus. Tehnik pengumpulan data menggunakan: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisis datanya menggunakan: analisis deskriptif.
Dari hasil pengelolaan data, dapat disimpulkan bahwa, 1) Bagaimana Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Siswa yang memiliki kemampuan membaca al-Qur’an itu rata–rata dari kalangan pondok pesantren dan nilai agamanya juga bagus. 2) Apakah Urgensi Kemampuan Siswa Membaca Al_Qur’an dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Al-Qur’an Hadist di MTS Mifatahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang Tahun Pelajaran 2011/2012. Bahwasannya Urgensitas kemampuan siswa dalam membaca al-Qur’an sangat penting terutama dalam rangka meningkatkan prestasi belajar al-qur’an hadist. Biasanya kalau anak itu pintar dan lancar baca al-Qur’an, kebanyakan anak itu minatnya tinggi. Sehingga pengaruhnya ke nilai mata pelajaran al-qur’an hadist .

Tidak ada komentar: