ABSTRAK
Kamaludin. 2011: Kajian Tentang Rekonstruksi
Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang
Tahun 2011. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama
Islam STAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Dosen Pembimbing: (I) Drs. H. Yusuf Abdurahman, M.A. (II)
Aminatus Zahro,
M.Pd.I.
Kata
Kunci: Rekonstruksi, Kurikulum, Madrasah Diniyah Takmiliyah.
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 55 Tahun 2007 tentang pendidikan
agama dan keagamaan menjadi babak baru bagi Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah
Takmiliyah yang memiliki tiga jenjang yaitu awaliyah, wustha, dan ulya sudah
termasuk bagian terpadu dari Sistem Pendidikan Nasional untuk memenuhi hasrat
masyarakat tentang pendidikan agama. Akan tetapi secara umum
kurikulum yang dipakai oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah selama ini adalah kurikulum lokal sehingga
harus direkonstruksi agar memenuhi Standar Nasional Pendidikan.
Adapun fokus
masalah yag diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Rekonstruksi Kurikulum
Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun
2011? Dengan tiga sub fokus yaitu: 1) Bagaimanakah kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah
Awaliyah di Kabupaten Lumajang selama ini ? 2) Bagaimanakah upaya rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun
2011?, dan 3) Bagaimanakah
peran Kementerian Agama dalam rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun
2011?
Tujuan yang
ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua yakni 1) Tujuan Umum yaitu : Untuk
mengetahui rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di
kabupaten Lumajang, dan 2) Tujuan Khusus ada tiga yaitu : a) Untuk mengetahui kurikulum Madrasah Diniyah
Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang selama ini, b) Untuk mengetahui upaya rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun
2011, dan c) Untuk mengetahui peran Kementerian Agama dalam rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun
2011.
Penelitian ini
menggunakan metode Kualitatif diskriptif, dengan pendekatan action research.
Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi wawancara,
observasi, dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan reduksi data.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar