SELAMAT DATANG DI BLOGGER FATHUR TAUFIK S.Pd.I SEMOGA BLOGGER INI BISA BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN SENASIB SEPERJUANGAN

Senin, 10 September 2012

Skripsi Kajian Tentang Rekonstruksi Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun 2011

ABSTRAK

Kamaludin. 2011: Kajian Tentang Rekonstruksi Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun 2011. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Dosen Pembimbing: (I) Drs. H. Yusuf Abdurahman, M.A. (II) Aminatus Zahro, M.Pd.I.

Kata Kunci: Rekonstruksi, Kurikulum, Madrasah Diniyah Takmiliyah.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan PP No. 55 Tahun 2007 tentang pendidikan agama dan keagamaan menjadi babak baru bagi Madrasah Diniyah. Madrasah Diniyah Takmiliyah yang memiliki tiga jenjang yaitu awaliyah, wustha, dan ulya sudah termasuk bagian terpadu dari Sistem Pendidikan Nasional untuk memenuhi hasrat masyarakat tentang pendidikan agama. Akan tetapi secara umum kurikulum yang dipakai oleh Madrasah Diniyah Takmiliyah selama ini adalah kurikulum lokal sehingga harus direkonstruksi agar memenuhi Standar Nasional Pendidikan.
Adapun fokus masalah yag diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Rekonstruksi Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun 2011? Dengan tiga sub fokus yaitu: 1) Bagaimanakah kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang selama ini ? 2) Bagaimanakah upaya rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun 2011?, dan 3) Bagaimanakah peran Kementerian Agama dalam rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun 2011?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini ada dua yakni 1) Tujuan Umum yaitu : Untuk mengetahui rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di kabupaten Lumajang, dan 2) Tujuan Khusus ada tiga yaitu : a) Untuk mengetahui kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang selama ini, b) Untuk mengetahui upaya rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun 2011, dan c) Untuk mengetahui peran Kementerian Agama dalam rekonstruksi kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah di Kabupaten Lumajang Tahun 2011.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif diskriptif, dengan pendekatan action research. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik triangulasi yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun analisa data menggunakan reduksi data.  

Tidak ada komentar: