SELAMAT DATANG DI BLOGGER FATHUR TAUFIK S.Pd.I SEMOGA BLOGGER INI BISA BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN SENASIB SEPERJUANGAN

Senin, 10 September 2012

Skripsi Konsep Pendidikan Dalam Al-Qur’an, Telaah Konsep Pendidikan Menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab, MA.

ABSTRAK

Rozy, el, Suliadi. 2011. Konsep Pendidikan Dalam Al-Qur’an, Telaah Konsep Pendidikan Menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab, MA. Skripsi Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam STAI Syarifuddin Wonorejo Lumajang. Dosen Pembimbing: (I) Abdul Wadud Nafis, Lc, M. E. I. (II) Dr. Syamsul Hadi, HM, MA.

Kata Kunci : konsep pendidikan, al-qur’an, Quraish Shihab
Al-Qur’an merupakan sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan yang mengajarkan manusia dengan bahasanya yang lemah lembut, balaghoh yang indah, sehingga al-Qur’an membawa dimensi baru terhadap pendidikan dan berusaha mengajak para ilmuwan untuk menggali maksud kandungannya agar manusia lebih dekat kepada-Nya.
Adapun fokus masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana konsep pendidikan dalam al-Qur’an menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab? dengan sub fokus masalah: 1) Bagaimana konsep pendidikan dalam Al-Qur’an menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab? 2) Bagaimana tujuan pendidikan dalam Al-Qur’an menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab? Bagaimana metode pendidikan dalam Al-Qur’an menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk memahami konsep pendidikan dalam Al-Qur’an menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Sihab. 2) Untuk memahami tujuan pendidikan dalam Al-Qur’an menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab. 3) Untuk memahami metode pendidikan dalam Al-Qur’an menurut Prof. Dr. H.M. Quraish Shihab.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan, dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan historis. Adapun analisa data menggunakan analisis deskkriptif analitis, content analitys, dan analisis kritis historis.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini; 1) konsep pendidikan menurut Quraish Shihab adalah yatlu (menyampaikan), yuzakki (menyucikan), dan yu’allim (mengajarkan). 2) tujuan pendidikan menurut Quraish Shihab adalah sesuai tujuan penciptaan manusia. 3) metode pendidikan dalam Al-Qur’an menurut Quraish Shihab yaitu pembuktian, pemberian kisah, pemberian nasihat, pembiasaan, dan janji-janji ganjaran dan sanksi.

Tidak ada komentar: