ABSTRAK
Maghfiroh,
Lailatul, 2011: Penerapan Strategi Multiple Intelligences pada Pengajaran Pendidikan Agama Islam di
R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang, Tahun
Pelajaran 2010/2011. Dosen Pembimbing: (I) Abd. Wadud Nafis, Lc., M. E. I. (II)
Syamsul Hadi HM, M. A.
Kata Kunci: strategi multiple intelligences,
pengajaran pendidikan agama Islam
Kurang kreatifnya guru agama dalam menggali metode
yang biasa dipakai untuk pendidikan agama menyebabkan pelaksanaan pembelajaran
cenderung monoton. Oleh karenanya secara umum seluruh praktisi pendidikan,
khususnya pendidikan agama Islam perlu melakukan inovasi, kreatifitas sehingga
tujuan pendidikan Islam dapat tercapai. Bagi para
pendidik, strategi multiple intelligence
ini menjadi inspirasi dalam pengkayaan kurikulum pendidikan sekolah, terutama
dalam memperkaya metode penyampaikan materi pelajaran dengan memanfaatkan
ke-sembilan potensi kecerdasan manusia ini.
Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi multiple intelligences pada pengajaran pendidikan
agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2
Lumajang, Tahun Pelajaran 2010-2011?. Sub fokus masalahnya meliputi: 1) Bagaimana
aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi
multiple intelligences pada mata
pelajaran
pendidikan agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011?; 2) Bagaimana
prestasi belajar pendidikan agama Islam setelah diterapkan strategi multiple intellegences di R-SMA-BI SMA
Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran
2010-2011?
Adapun tujuan umum penelitian ini adalah untuk
memahami penerapan strategi multiple
intelligences pada pengajaran pendidikan agama Islam di
R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang, Tahun
Pelajaran 2010-2011. Dan tujuan umumnya meliputi: 1) Untuk memahami aktivitas
peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi multiple intelligences pada mata
pelajaran
pendidikan agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011; 2) Untuk mengetahui
prestasi belajar pendidikan agama Islam setelah diterapkan strategi multiple intellegences di R-SMA-BI SMA
Negeri 2 Lumajang Tahun Pelajaran
2010-2011.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif.
Analisa data menggunakan analisa induktif dan analisa deskriptif. Sedangkan
teknik pengumpulan datanya digunakan teknik observasi, interview, dan
dokumentasi.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini: 1) Penerapan
strategi multiple intelligences dalam proses belajar mengajar bisa dilihat
dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi; 2) Aktivitas peserta didik yang
diamati saat kegiatan pembelajaran berlangsung meliputi respon, disiplin,
kerjasama, dan tuntas tugas; 3) Prestasi belajar peserta didik di bidang
pendidikan agama Islam dengan penerapan strategi multiple intelligences menunjukkan hasil yang memuaskan dan
menyenangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar