SELAMAT DATANG DI BLOGGER FATHUR TAUFIK S.Pd.I SEMOGA BLOGGER INI BISA BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN SENASIB SEPERJUANGAN

Senin, 10 September 2012

Skripsi Penerapan Strategi Multiple Intelligences pada Pengajaran Pendidikan Agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2 Lumajang,

ABSTRAK

Maghfiroh, Lailatul, 2011: Penerapan Strategi Multiple Intelligences pada Pengajaran Pendidikan Agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang, Tahun Pelajaran 2010/2011. Dosen Pembimbing: (I) Abd. Wadud Nafis, Lc., M. E. I. (II) Syamsul Hadi HM, M. A.

Kata Kunci: strategi multiple intelligences, pengajaran pendidikan agama Islam

Kurang kreatifnya guru agama dalam menggali metode yang biasa dipakai untuk pendidikan agama menyebabkan pelaksanaan pembelajaran cenderung monoton. Oleh karenanya secara umum seluruh praktisi pendidikan, khususnya pendidikan agama Islam perlu melakukan inovasi, kreatifitas sehingga tujuan pendidikan Islam dapat tercapai. Bagi para pendidik, strategi multiple intelligence ini menjadi inspirasi dalam pengkayaan kurikulum pendidikan sekolah, terutama dalam memperkaya metode penyampaikan materi pelajaran dengan memanfaatkan ke-sembilan potensi kecerdasan manusia ini.
Adapun fokus masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan strategi multiple intelligences pada pengajaran  pendidikan agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang, Tahun Pelajaran 2010-2011?. Sub fokus masalahnya meliputi: 1) Bagaimana aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi multiple intelligences pada mata pelajaran  pendidikan agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011?; 2) Bagaimana prestasi belajar pendidikan agama Islam setelah diterapkan strategi multiple intellegences di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011?
Adapun tujuan umum penelitian ini adalah untuk memahami penerapan strategi multiple intelligences pada pengajaran  pendidikan agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang, Tahun Pelajaran 2010-2011. Dan tujuan umumnya meliputi: 1) Untuk memahami aktivitas peserta didik selama mengikuti pembelajaran dengan penerapan strategi multiple intelligences pada mata pelajaran  pendidikan agama Islam di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011; 2) Untuk mengetahui prestasi belajar pendidikan agama Islam setelah diterapkan strategi multiple intellegences di R-SMA-BI SMA Negeri 2  Lumajang Tahun Pelajaran 2010-2011.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif-deskriptif. Analisa data menggunakan analisa induktif dan analisa deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya digunakan teknik observasi, interview, dan dokumentasi.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini: 1) Penerapan strategi multiple intelligences  dalam proses belajar mengajar bisa dilihat dari segi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi; 2) Aktivitas peserta didik yang diamati saat kegiatan pembelajaran berlangsung meliputi respon, disiplin, kerjasama, dan tuntas tugas; 3) Prestasi belajar peserta didik di bidang pendidikan agama Islam dengan penerapan strategi multiple intelligences menunjukkan hasil yang memuaskan dan menyenangkan.  

Tidak ada komentar: