SELAMAT DATANG DI BLOGGER FATHUR TAUFIK S.Pd.I SEMOGA BLOGGER INI BISA BERMANFAAT BAGI TEMAN-TEMAN SENASIB SEPERJUANGAN

Sabtu, 09 Oktober 2010

IMAN KEPADA MALAIKAT


BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
            Hukum beriman kepada adanya malaikat adalah fardu 'ain. Seorang yang mengaku beragama islam (Muslim/Muslimah) jika tidak percaya kepada adanya malikat, dapat dianggap murtad ( keluar dari agama islam ). Perintah untuk beriman kepada malaikat terdapat dalam kitab Al-Quran, maupun dalam Hadist
B. Rumusan Masalah
            Pembahasan iman kepada malaikat ini sangatlah luas namun dalam penulisan makalah ini penulis membatasi masalah sebagai berikut.
C.Tujuan Penulisan
            Dalam setiap penulisan makalah tentunya memiliki tujuan penulisan begitu pula dengan penulisan makalah ini bertujuan untuk.:

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR………………………………………………………         i
DAFTAR ISI………………………………………………………………... ii
BAB I PENDAHUUAN
            A. Latar Belakang……………………………………………………. 1
            B. Rumusan masalah…………………………………………………. 1
            C. Tujuan Penulisan………………………………………………….. 1
BAB II PEMBAHASAN
            A.Pengertian Iman Kepada Malaikat…………………………………         2
            B. Tanda-tanda Iman Kepada Malaikat………………………………         2
            C.Contoh-contoh Perilaku Iman Kepada Malaikat………………….. 4
            D. Penerapan Iman Kepada Malaikat  dalam Sikap dan Perilaku…….         5
BAB III PENUTUP
            A. Kesimpulan……………………………………………………….. 7
            B. Saran……………………………………………………………… 7
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………….         8  





BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Iman Kepada Malaikat
            Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat adalah makhluk gaib, yang asal kejadianya dari nur ( cahaya ). Mereka memiliki akal dan tidak mempunyai nafsu. Karena itu, mereka senantiasa patuh kepada Allah SWT serta tidak pernah mendurhakai-nya.
            Hukum beriman kepada adanya malaikat adalah fardu 'ain. Seorang yang mengaku beragama islam (Muslim/Muslimah) jika tidak percaya kepada adanya malikat, dapat dianggap murtad ( keluar dari agama islam ). Perintah untuk beriman kepada malaikat terdapat dalam kitab Al-Quran, maupun dalam Hadist Rosulullah SAW, Allah SAT berfirman.
والمؤ منون كل امن با لله وملئكتة  ( البقرة:  285)
Artinya : "Segala mereka yang beriman semuanya beriman kepada Allah dan malaikat-nya"( Q.S. Al-Bagarah, 2:285 )
Rasulullah SAW bersabda :
اا لاءيمان ا ن تؤمن با لله و ملئكته ( رواه البخاري )
Artinya : "Iman itu ialah engkau percaya kepada Allah dan malaikat-nya"
( H.R.Bukhari )
            umlah para malaikat tidak terhingga banyaknya dan hanya Allah SAT yang mengetahuinya. Dalam Al-Quran dinyatakan : dan tidak ada yang mengetahiu tentara (malaikat) Tuhanmu melaikan dia sendiri." Q.S. Al-Muddassir. 74:31 ). Diantara malaikat yang banyak itu ada sepuluh malaikat yang harus deketahui nama-namanya berikut tugasnya masing-masing.
B.Tanda-tanda Beriman Kepada Malaikat
            Tanda-tanda beriman kepada malaikat ada yang berupa sikap mental yakni pikiran dan perasaan serta adapula yang berupa sikap lahir yaitu ucapan dan perbuatan.
            Tanda-tanda beriman yang berupa sikap mental itu bersifat abstrak (gaib), tidak dapat diketahui dengan panca indra dan yang mengetahui hanyalah individu itu sendiri dan Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa yang mengetahui segala yang gaib dan yang nyata (Syahadah).
            Mengacu kepada ajaran-ajaran Allah SWT yang terkandung dalam Al-Quran dan hadist,tanda-tanda beriman kepada malaikat yang berupa sikap mental itu ,seperti :
                  Tempat tinggal tetap para malaikat adalah dilangit, dan dalam rangka melaksanakan perintah allah , setiap saat mereka turun ke bumi (lihat dan pelajari (. S. Maryam, 19:64).
                  Mengenai tanda-tanda beriman kepada malikat yang berupa sikap lahir,yaitu ucapan dan perbuatan,antara lain.
C. Contoh-contoh Perilaku Beriman Kepada Malaikat
            Muslim/muslimah yang memiliki tanda-tanda beriman kepada malaikat yang sudah dikemukakan diatas , tentu akan pula beriman kepada rukun iman lainya.
            Mengenai perilaku orang beriman kepada keberadaan rukun imn itu telah banyak dijelaskan oleh Al-Qur;an dan hadist,misalnya:
Rosulullah SAW bersabda:
من كان يؤمن بالله و اليوم الاخر فليقل خيرال او ليصمت (رواه البخاري ومسلم )
Artinya:''Barang siapa beriman kepada Allah (termasuk beriman kepada malaikat) dan Hari Akhir maka hendaklah berkata yang baik-baik saja atau diam.'' (H.R. Bukhori dan Muslim )
Rosulullah SAW bersabda:
ا لمؤمن للمؤمن كالبنيان يشد بعضه بعضا (رواه البخاري)
Artinya: ''( Orang beriman terhadap orang beriman lainya, seperti sebuah bangunan yang antara bagian yang satu dan bagian lainya saling menguatkan." ( H.R. Muslim)
D. Penerapan Iman Pada Malaikat Dalam Sikap dan Perilaku
            Telah dikemukakan di atas tentang beberapa contoh sikap perilaku orang beriman kepada malaikat. Sudah tentu beberapa contohsikap perilaku tersebut harus di terapkan dalam kehidupan sehari-hari oleh setiap Muslim,/Muslimah
            Berikut ini akan dijelaskan beberapa sikap contoh sikap perilaku orang beriman kepada malaikat, yang seharusnya diamalkan oleh setiap Muslim dan Muslimah sikap perilaku tersebut misalnya:
ما من يوم يصحب العبا د فيه الا ملكا ن يدعوان يقول احدهما اللهم اعط ممسكا تلفا ويقول الاخر اللهم (اعط) منفقا خلفا ( رواه مسلم )
Artinya: " pada setiap pagi para hamba Allah (manusia ) pasti disertai dua malaikat yang berdo'a. yang satu berkata, Ya Allah, berikanlah kerusakan kepada orang yang enggan membelanjakan hartantanya untuk bersedekah (kikir) sedangkan malaikat lainya berdo'a Ya Allah berikanlah penggantian terhadap orang yang gemar membelanjakan hartanya untuk kebaikan (dermawan) ''(.R. Muslim)
Rosulullah SAW bersabda :
ان الملئكة لتضع اجنحتها لطالب العلم رضا بما يصنع ( رواه ابو داوود والترمذي )
Artinya : ''sesungguhnya para ,alaikat itu akan meletakkan sayap-sayaonya terhadap penuntut ilmu, karena menyenangi apa yang dilakukanya (mencari ilmu). '' ( H.R. Abu Daud dan Turmizi )

BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
1. Iman kepada malaikat artinya percaya bahwa malaikat adalah makhluk ghaib yang asal kejadiannya dari nur ( cahaya ), yang senantiasa patuh pada Allah, dan tidak pernah mendurhakianya.
2. Hukum beriman kepada malaikat adalah fardu ain. Orang yang mengaku islam tetapi tidak percya pada malaikat di anggap murtad.
3. Tanda-tanda beriman kepada malaiat itu ada yang berupa sikap mental atau pikiran dan perasaan,dan adapula yang berupa sikap lahir yakni ucapan dan perbuatan.
4. perilaku orang beriman kepada malaikat itu secara umum senantiasa bertaqwa kepada llah SWT. secara rinci misalnya: berperilaku syukur dan sabar, gemar sholat berjemaah, rajin menuntut ilmu dan mengajarkannya pada orang lain berperilaku dermawan sesame orang beriman saing membantu dan saling menguatkan,dan juaga gemar membaca Al-Quran.
B. Saran
            Makalah ini sangatlah jauh dari sempurna oleh karena itu penulus mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun.


2 komentar:

Anonim mengatakan...

makasih om.. ahirnya tugas ane selesai..

Fathur Taufiq S.Pd.I mengatakan...

Yoi....sama'